Parenting B Ishaq
Hari : Sabtu, 6 Oktober 2018

Oleh bapak Joko wardoyo

Usia sekolah TK sampai dengan Sekolah Dasar kelas tiga, merupakan masa penting dalam kehidupan anak. Pada usia 5 tahun, motorik kasar sudah berkembang, kemampuan bahasa juga bertambah. Pertumbuhan fisik melambat antara usia 5-8 tahun, sedangkan proporsi tubuh dan keterampilan motorik menjadi lebih halus.

Selama periode usia tersebut, sebagai orangtua, sebaiknya mengoptimalkan pengasuhan dalam berbagai aspek.

Tidak hanya aspek kognitif saja, namun juga aspek sosial dan emosional. Aspek inilah, yang terkadang, secara tidak sadar, terabaikan.

Orangtua harus FOKUS dalam hal TREATMENT anak.

Ketika anak mampu menyelesaikan tugas-tugasnya pada fase itu, maka dia telah berkembang dengan baik. Pun ketika, anak mengalami kegagalan, jangan hakimi anak.

Lima masa persiapan masuk sekolah secara garis besar:
1. Aspek fisik dan motorik,
2. Sosial dan emosional,
3. Kemampuan belajar,
4. Bahasa,
5. Kemampuan kognitif.

Ada beberapa hal yang mendukung kelima aspek diatas, salah satunya adalah KESIAPAN ORANGTUA.

Orangtua bertanggungjawab menjelaskan ke anak, seperti apa sekolah barunya. Bagaimana proses belajarnya, guru, keuntungan yang didapatkan jika bersekolah disana, dll.

PERKEMBANGAN SOSIAL, juga merupakan aspek penting yang terkadang terlupakan. Bekal anak untuk bisa beradaptasi dilingkungan sekolahnya.

Agar anak berhasil dalam proses asaptasi di lingkungan baru, sebaiknya perhatikan:
1. Aspek sosial dan emosional. Jadikan anak antusias terhadap lingkungan sekolah barunya, tidak memberikan penekanan tentang prestasi di awal, dan buat anak merasa bahagia.

2. Kunjungi sekolah. Lihat proses belajar, fasilitas sekolah, lingkungan sekolah, guru, teman dll.

3. Perhatikan VALUE yang kita yakini. Value atau Nilai yang diyakini dalam setiap keluarga, tentunya berbeda-beda. Untuk kemudian, memilih sekolah, yang sejalan dengan Value tersebut. Apa yang ingin kita tanamkan pada anak kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here